HOSPITALITY UNDERSTANDING THE GUEST NEEDS
KERAMAH – TAMAHAN DAN MENGERTI AKAN KEBUTUHAN TAMU
Keramah – tamahan yang dimaksud adalah menerima dan memperlakukan tamu / klien dengan perlakuan yang positif, asli / tidak dibuat-buat dan dipadukan dengan humor sehingga klien merasa diberikan pelayanan yang baik.
Hospitality means to receive and entertain guest in a gracious and sincere manner with a positive attitude and genuine sense of humor, you can’t help but make a guest feel welcome.
Selalu menyapa klien dengan senyum dan memanggil dengan namanya, senyum tidak memerlukan biaya tapi memberikan andil yang cukup besar.
Always greet the guest with a smile and his name, if possible. It cost nothing and bring you so much in return
· Keramah-tamahan dapat berarti juga bahwa Karyawan memberikan “Service” yang bersahabat.
· Hospitality means to be friendly
· Jika memungkinkan panggillah tamu dengan namanya.
· Call the guest by name whenever possible
Tidak masalah siapapun klien / tamu kita, Yakinkan bahwa setiap orang akan senang jika diperlakukan dengan sopan-santun.
No matter what type of customer you deal with, you can be sure that everyone likes to be treated with courtesy
KERAMAH-TAMAHAN = PERSAHABATAN, SAPAAN, SENYUMAN, SOPAN SANTUN DAN KEPEDULIAN.
HOSPITALITY = FRIENDLY, GREETING, SMILES, COURTESY & CARING
· Berbicara pada orang lain – tidak ada yang lebih menyenangkan apabila disapa dengan sapaan yang ceria dan tulus
· Speak to people – there is nothing like a cheerful greeting
· Ramah – berbicara dan pembawaan diri anda selalu rendah hati
· Be cordial – speak and perform like everything you is a pleasure
· Tulus – dengan memperlihatkan bahwa anda tertarik dengan orang lain, anda akan temukan sesuatu yang positif disetiap orang jika anda lakukan
· Be sincere – by showing an interest in people, you can find something to like in everyone if you try
· Kontak mata – Ketika berkomunikasi di area kerja anda kontak mata setiap saat dengan tamu sangat penting karena kontak mata mebuat orang merasa dihargai dan merasa percaya diri.
· Eye to eye contact – when communicating in the outlet with our guest it is very important at all time to have eye to eye contact; it shows trust and confidence in everything you do
· Intonasi suara – Yakinkan jika anda sedang menjelaskan tentang makanan / menu atau yang lainnya, suara anda adalah suara yang menyenangkan
· Tone of voice – make sure if you are explaining food and beverage item or an other things, that you speak up in a pleasant tone of voice; loud enough to heard, clearly enough to be understood, but not loud enough to be rude
· Sikap badan – saat menmdatangi tamu
· Posture in – when attending to guests, stand up straight, without leaning on anything around you
· Verbiage- proper language is very important !!! word like “Howzit” is not appropriate.
Note
It’s not really “what you say”, but “the way you say it”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar